Tuesday, June 13, 2017

Gejala Kolesterol, Penyebab serta Pencegahannya

Gejala Kolesterol, Penyebab serta Pencegahannya | Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan suatu kondisi kolesterol seseorang yang berada dalam keadaan diatas normal. Kolesterol sendiri yaitu lemak (lipid) berlilin yang merupakan bagian daripada membran luar sel dalam badan yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya yang bersumber dari makanan yang kita konsumsi seperti daging, ayam, ikan dan produk tenusu. Kondisi ini akan mengakibatkan terjadinya penyakit serius seperti stroke serta serangan jantung koroner.


Jika jumlah kolesterol anda dibawah 200 mg/dl, maka anda akan aman dari risiko untuk terkena penyakit lain. Namun apabila berada diatas 240 mg/dl maka berisiko besar bagi anda untuk terkena penyakit stroke dan jantung.

Kolesterol ini memiliki dua sifat yaitu kolesterol jahat (lemak yang bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang kecil yang selalu menyuplai makanan ke jantung dan otak) dan kolesterol baik. Disebut kolesterol baik karena lemak ini bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding darah  ke hati.

PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat seperti santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, kulit ayam, daging kambing, daging bebek, udang, cumi, kerang, serta telur puyuh.
  • Perokok. Dimana dalam rokok terdapat zat akrolein yang dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang.
  • Orang yang malas berolahraga.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Obesitas.
  • Faktor usia.
  • Faktor keturunan.
  • Riwayat keluarga.
  • Penderita hipertensi dan diabetes.
PENCEGAHAN KOLESTEROL TINGGI
  • Mengetahui atau selalu mengontrol kadar lemak kolesterol.
  • Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang.
  • Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti santan, otak sapi, daging kambing, kerupuk, cumi, kerang dan jeroan. 
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki lemak jenuh seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, selai kacang alami, ikan salmon serta tuna mauoun tenggiri.
  • Mengkonsumsi makanan rendah lemak namun kaya akan serat.
  • Selalu rutin melakukan olahraga.
  • Berhenti merokok.
Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pencegahan kolesterol. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment